Merespons Perubahan



Salah satu tantangan setiap pebisnis adalah merespons perubahan. Perubahan harus bisa dibaca dengan seksama, sedini mungkin dan dengan cepat. Kita tidak boleh terlambat membaca situasi, apalagi meresponsnya. Sebab kemampuan kita dalam membaca perubahan akan menentukan keberhasilan. Satu rumus baku yang harus dimiliki adalah kita jangan terperangkap dalam masa lalu. Kita hidup di masa kini, bahkan masa depan sudah hadir di masa kini (tomorrow is today). 


Jadi jangan pernah mengagungkan masa lalu, apalagi terjebak di dalamnya. Ingat kemenangan diraih oleh mereka yang selalu cepat bergerak, tanggap dan responsif dengan perubahan. Dan itu sifatnya masa kini serta masa depan, bukan masa lalu. Mengelola bisnis misalnya, tidak bisa kita terpaku dengan cara-cara model lama. Ketika perubahan teknologi datang, maka cara mengelola bisnispun harus menyesuaikan dengan zaman; dengan cara-cara baru. 


Setiap saat kita harus bisa melakukan self disruption. Selalu merespons dengan cara-cara inovatif dengan perkembangan teranyar yang ada. Itu jika kita ingin adaptif dengan zaman. Bagi pemimpin yang visioner, tomorrow is today. Mengendalikan masa depan bukan pada hari esok, tapi hari ini. Mereka yang menang di masa depan adalah yang mempersiapkan sejak di masa kini dan selalu antusias menghadapi masa depan. Pebisnis visioner adalah mereka yang selalu  mempelajari inovasi-inovasi terbaru. Bukan terjebak dengan cara-cara lama, baik cara berpikir maupun bekerja, serta peralatan model lama. 

Mereka yang nyaman biasanya senang membawa masa lalu ke masa kini. Mereka sedang terjebak dengan keagungan masa lalu. Itu menyenangkan tapi melenakan. Dampaknya besar, mereka akan terlambat dalam merespons zaman. CEO visioner adalah mereka yang selalu membicarakan respons-respons terbaru untuk masa kini dan masa depan. Bukan justru lalai dengan model bisnis lama yang ketinggalan zaman, konservatif dan kuno. 

Tanggap akan konteks kekinian dan future inilah yang menjadi kunci memenangkan zaman. Dan itu butuh semangat, komitmen serta tekad untuk berjuang mencapainya. (Trisno Suhito) 



Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Kehidupan Lokalisasi di Batang (2)

Mengintip Kehidupan Lokalisasi di Batang (1)

Makam Syeikh Maulana Maghribi Wonobodro, Batang