Jejaring


Jejaring (networking) adalah salah satu kunci keberhasilan. Membangun networking merupakan kekuatan pribadi, organisasi, bahkan sampai sebuah bangsa. Networking membangun keterhubungan, konektivitas. Ia bisa menjadi jembatan kesuksesan. Membantu siapapun yang ingin meraih cita-cita. Semakin banyak network, jejaring yang luas, maka peluang untuk meraih pencapaian akan semakin besar. Maka, salah satu pekerjaan rumah bagi siapapun yang ingin mencapai kesuksesan adalah memiliki networking yang luas.

Berteman dengan banyak orang, membangun relasi dengan siapa saja dan selalu berupaya menambah teman. Salah satu prinsip yang harus dipegang adalah bukan hanya menambah relasi, tapi memastikan juga kita
dikelilingi orang-orang positif. Jangan sampai teman atau relasi banyak, tapi orang-orang yang ada di sekitar kita adalah pancarannya negatif. Karena itu, penting juga untuk mencari orang-orang yang benar-benar memiliki energi positif sebagai teman, mitra dan patner.

Lingkungan, teman, itu sangat menentukan. Kita bergaul dengan siapa, akan juga menentukan berbagai aspek. Baik cara berpikir, perilaku, sampai tindakan kita. Karena itu menjadi penting memastikan networking yang kita bangun adalah yang bergelombang positif. Selain soal silaturahmi, kita harus berpikir bagaimana membangun jejaring yang dapat membuat knowledge (pengetahuan), pengalaman sampai penghasilan kita bertambah baik. Mendorong semangat, antusiasme, kesadaran, tindakan kita pada hal-hal yang baik. Dan tidak kalah penting adalah bagaiamana jejaring yang kita punya juga bisa meningkatkan grate individu, organisasi, atau lembaga bisnis kita. Energinya harus positif.

Salah satu agar bisa meningkatkan networking adalah kita masuk ke dalam komunitas baru, organisasi atau lingkungan baru yang memberikan insight-insight baru bagi pemikiran dan pengalaman kita. Ada banyak lembaga atau komunitas yang bisa memberikan hal itu. Tinggal bagaimana kita apakah punya inisiatif dan mau membuka diri untuk bertemu dengan orang-orang baru dan juga belajar dari mereka.

Jika ingin melalukan lompatan, maka kita harus serius untuk investasi leher ke atas. Investasi pada pemikiran atau pengetahuan. Dan itu bisa dilakukan dengan menambah jejaring atau networking. Bisa juga melalui pelatihan-pelatihan yang kita ikuti. Atau menghadiri seminar-seminar dan hadir dalam berbagai aktivitas organisasi atau komunitas. Jangan kita anti pada pelatihan, seminar atau komunitas dan organisasi baru. Yang penting sebelum masuk kesana, kita juga harus mempelajari dulu, apakah itu juga benar-benar akan membuat kualitas kita akan semakin meningkat. Pastikan kualitas itu yang harus semakin meningkat. Karena itu yang diminta juga oleh agama. Hari ini harus lebih baik dari kemarin, artinya bagaimana kita setiap saat harus terus meningkatkan kualitas agar masa kini dan masa depan harus selalu lebih baik dari masa lalu; dari semua aspek yang ada dalam kehidupan. (trisno suhito)


Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Kehidupan Lokalisasi di Batang (2)

Makam Syeikh Maulana Maghribi Wonobodro, Batang

Mengintip Kehidupan Lokalisasi di Batang (3)