Kekuatan


Setiap orang atau lembaga harus punya basis kekuatannya masing masing. Basis kekuatan ini adalah hal mendasar yang harus dimiliki untuk menjadi fondasi mengarungi kesuksesan. 

Orang harus bisa melakukan analisis atau identifikasi diri kira kira basis kekuatan dasarnya itu apa? 

Basis kekuatan itu bisa dari profesi, passion, keterampilan, knowledge, atau lainnya. Orang yang bekerja di dunia teknik, basis kekuatan dasarnya adalah pengetahuan dan pengalamannya di di dunia teknik. 

Orang yang bekerja di dunia pemberdayaan, maka basis kekuatan dasarnya adalah ilmu ilmu dan pengalaman di dunia pemberdayaan. 

Orang yang berprofesi sebagai dokter maka basic kekuatan dasarnya adalah ilmu tentang kedokteran dan pengalaman melakukan pengobatan terhadap orang lain. 

Basic kekuatan dasar juga bisa dari minat atau passion dalam bidang tertentu yang kemudian dikapitalisasi untuk bisa menjadi uang atau penghasilan, dan kesuksesan.

Basis kekuatan dasar ini dibentuk dari dua hal 

1. Talenta atau sesuatu yang given diberikan oleh Tuhan. Orang mengatakan bakat. 

2. Rasa tertarik atau interest pada bidang tertentu. orang menyebutnya passion. Masing masing orang memiliki kecenderungan ketertarikan yang berbeda beda antara satu dengan lainnya.

3. Talenta dan passion ini bisa dikuatkan menjadi kompetensi khusus yang akan menjadi kekuatan luar biasa jika terus diasah dan disertai dengan penguatan pengetahuan, pengalaman dan juga keseriusan mengembangkannya. 

Dalam bahasa sederhana, basis kekuatan dasar ini bisa menjadi GALAH UNTUK MELENTING atau melakukan berbagai pencapaian kesuksesan dan keberhasilan.  

Tidak mungkin orang akan berhasil jika tidak memiliki basis kekuatan dasar. Bahkan kalau pun seorang itu tidak ahli dalam suatu bidang tertentu, dia bisa berinvestasi untuk mencapai kesuksesan bisnis. 

Kemampuan investasi ini juga merupakan basis kekuatan dasar yang tidak semua orang memiliki. 

Explorasi 

Jika orang sudah punya kekuatan talenta, interest dan kompetensi pada suatu bidang tertentu, bisa juga dia akan mencoba mengembangkan dirinya pada bidang lainnya. 

Artinya dia juga bisa mengembangkan basis kekuatan dasar di bidang lain yang kemudian menjadi rasa interest berikutnya. 

Dia memiliki antusiasme mengexplorasi hal hal baru di luar basis kekuatan dasar yang sudah dimilikinya. Semakin dia mengembangkan diri di bidang lainnya dengan serius juga akan sangat baik untuk kesuksesan dirinya. 

Banyak contoh  di bidang bisnis dan juga di bidang lain yang menjadi inspirasi akan kesuksesan pengembangan basis kekuatan dasar yang dilakukan. 

Pertanyaannya, kamu sudah punya basis kekuatan apa dan apakah sudah mengembangkan basis basis kekuatan lainnya dalam hidup kamu dan organisasi atau lembaga bisnis kamu?

Comments

Popular posts from this blog

Mengintip Kehidupan Lokalisasi di Batang (2)

Makam Syeikh Maulana Maghribi Wonobodro, Batang

Mengintip Kehidupan Lokalisasi di Batang (3)